bahasikan.com

Cara Merawat Ikan Louhan

Cara Merawat Ikan Louhan – Kecantikan ikan louhan memang sudah tidak diragukan lagi. Apa lagi ditambah dengan keunikan berupa jenong besar di kepala.

Ikan louhan sudah lama menjadi primadona ikan hias di Indonesia. Banyak kompetisi ikan louhan baik dalam maupun luar negeri.

Ikan Louhan Termahal Di Dunia

Ikan Louhan Termahal Di Dunia

Sekarang ini ada lebih dari 20 jenis ikan louhan. Mulai dari ikan louhan cencu, ikan louhan bonsai, ikan louhan kamfa, dan ikan louhan SRD.

Cara merawat ikan louhan pun sebenarnya tidaklah terlalu susah. Kesulitas yang dialami adalah ketika merawat ikan louhan burayak atau anakan.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas bagaimana cara merawat ikan louhan yang baik dan benar. Mulai dari cara merawat ikan louhan sakit, cara merawat ikan louhan yang masih kecil, dan cara merawat ikan louhan agar warnanya bagus.

Bagi para pemula pecinta ikan louhan, tentu tantangan terbesar adalah ikan louhan yang mereka miliki mudah terkena penyakit dan berujung kematin.

Hal tersebut dikarenakan cara merawat ikan louhan yang meraka lakukan salah. Berikut ini cara merawat ikan louhan yang baik dan benar.

Cara Terbaik Merawat Ikan Louhan

Ikan Louhan Anakan

Ikan Louhan Anakan

1. Cara Merawat Ikan Louhan Kecil

Cara merawat ikan louhan yang masih kecil memang susah-susah gampang. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh ikan louhan kecil masih lemah.

Ada beberapa tahapan dalam merawat ikan louhan yang masih kecil. Nah, berikut ini kesalahan dan cara merawat ikan louhan kecil yang baik dan benar.

Gambar Ikan Louhan Thailand

Gambar Ikan Louhan Thailand

A. Kualitas Air

Dalam memelihara ikan louhan, kualitas air harus benar-benar diperhatikan. Ini karena kualitas air sangat menunjang pertumbuhan dan mempercepat ikan louhan mengeluarkan warna.

Kualitas air yang baik untuk memelihara ikan louhan adalah pada suhu 22-28 °C dan kadar pH 6.5 – 7.0. Pada suhu dan pH ini, ikan louhan akan sehat dan cepat tumbuh besar.

Anda bisa menggunakan pH meter untuk mengukur keasaman dan termometer batang untuk mengukur suhu air aquarium ikan louhan.

Cacing Sutra

Cacing Sutra

B. Makanan Ikan Louhan Kecil

Ikan louhan kecil atau burayak sangat rentan mati jika anda salah memberikan pakan. Pakan ikan louhan kecil dibagi menjadi dua, yaitu pakan hidup dan pelet.

Ada banyak jenis pakan hidup yang bisa anda pilih untuk makanan ikan louhan kecil, seperti : cacing sutra, kutu air, artemia, dan baby shrimp.

Untuk pakan buatan, anda bisa memberikan pakan berupa pelet. Ada banyak merk pelet untuk makanan ikan louhan, tetapi mernurut kami jenis pelet terbaik untuk pakan ikan louhan kecil adalah pelet MeM.

Pelet MeM mengandung protein dan gizi yang tinggi untuk mempercantik pembentukan warna dan mempercepat pertumbuhan ikan guppy.

Walaupun harga pelet MeM sedikit lebih mahal, tetapi hal ini sangat sebanding dengan hasil yang akan didapatkan nantinya. Disini kami juga menyediakan dan menjual pelet MeM untuk anda.

Makanan Ikan Louhan Biar Merah

Makanan Ikan Louhan Biar Merah

2. Cara Merawat Ikan Louhan Agar Warnanya Bagus

Cara merawat ikan louhan agar warnanya bagus adalah dengan memberikan pakan berprotein tinggi. Protein sangat baik untuk pertumbuhan dan mempercantik warna ikan louhan.

Ikan louhan akan mulai mengeluarkan warna pada umur 2 bulan. Di umur 2 bulan, anda harus benar-benar menentukan dan memberikan pakan yang berkualitas.

Gambar Pelet Ikan Louhan

Gambar Pelet Ikan Louhan

Ada beberapa jenis pakan yang dapat mempercantik warna ikan louhan, yaitu pakan alami dan buatan. Untuk pakan alami anda bisa memberikan jangkrik, kelabang, cacing tanah, dan baby shrimp.

Sedangkan untuk pakan buatan, anda bisa menggunakan pelet. Ada beberapa merk pelet berkualitas, seperti : pelet okiko platinum, pelet topka platinum, pelet yukari, dan pelet tetra.

Pemberian pakan ini sangat bagus untuk mempercantik warna ikan louhan. Semakin mahal dan berkualitas pakan, maka akan membuat warna ikan louhan semakin cantik.

Gambar Ikan Louhan Lokal

Gambar Ikan Louhan Lokal

3. Cara Merawat Ikan Louhan Sakit

Jika ikan louhan sakit, tentu anda pasti pusing dan bingung bagaimana cara mengobatinya. Ikan louhan sakit dikarenakan pakan yang salah dan kualitas air yang buruk.

Untuk mengatasi kualitas air yang buruk, anda bisa menggunakan aerator filter. Sedangkan untuk mencegah ikan louhan sakit, anda bisa menambahkan metilen blue dan garam secukupnya pada air.

Kalau ikan louhan anda sudah terkena penyakit, jalan satu-satunya untuk menyembuhkannya adalah dengan memberikan obat.

Sekarang ini ada banyak jenis obat untuk ikan louhan yang sakit, seperti : Avilo Charopil Red, Acriflavien Plus dan Protik Anti Protozoa.

Gambar Jenis Ikan Louhan Thailand

Gambar Jenis Ikan Louhan Thailand

Ikan louhan yang sakit ditandai dengan menurunya napsu makan, malas bergerak, insang berwarna putih, tumbuhnya jamur pada sisik, dan memucatnya warna kulit.

Jika tanda-tanda ini dialami ikan louhan anda, maka segeralah beri obat yang telah kami rekomendasikan, agar nantinya ikan louhan sehat dan napsu makan.

Cara merawat ikan louhan sakit ini terbukti efektif dan mampu dengan cepat mengobati ikan louhan anda. Tapi anda juga harus mencegah ikan louhan sakit dengan pemberian garam dan metilen blue.

Bagaimana, sudah tidak bingung lagi bukan untuk cara merawat ikan louhan agar tidak cepat mati?. Jika anda merawat ikan louhan sesuai panduan diatas, maka ikan louhan tidak mudah mati dan cepat tumbuh besar.

Nah, itulah artikel mengenai cara merawat ikan louhan termudah dan terlengkap. Mulai dari cara merawat ikan louhan kecil, cara merawat ikan louhan agar tidak cepat mati, dan cara merawat ikan louhan agar warnanya bagus.

Kami mohon maaf jika ada kesalahan kata dan informasi dalam artikel cara merawat ikan louhan ini. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memelihara ikan louhan. Terimakasih sudah mengunungi website kami.

Cara Merawat Ikan Louhan | oryza | 4.5
WhatsApp chat