bahasikan.com

Cara Merawat Ikan Guppy

Cara Merawat Ikan Guppy – Ikan guppy merupakan ikan hias berukuran kecil dengan warna can bentuk tubuh yang cantik. Sekarang ini ada lebih dari 100 jenis ikan guppy di Indonesia.

Warna ikan guppy yang cantik membuat siapa saja yang melihatnya ingin memelihara di rumah. Untuk anda para pecinta ikan guppy pemula, tentu ada beberapa tantangan dalam merawat ikan guppy.

Budidaya Ikan Guppy di Aquarium-min

Budidaya Ikan Guppy di Aquarium

Sebenarnya cara merawat ikan guppy tidaklah terlalu susah. Ikan guppy merupakan ikan yang mudah beradaptasi dan berkembang biak.

Ikan guppy dapat dibudidayakan pada usia 4 bulan, dengan kualitas dan suhu air yang susai dengan iklim di Indonesia. Berikut artikel (Cara Budidaya Ikan Guppy).

Kali ini kami akan membahas mengenai bagaiaman cara merawat ikan guppy yang baik dan benar, mulai dari cara merawat ikan guppy di aquarium, cara merawat ikan guppy yang hamil, dan cara merawat ikan guppy tanpa aerator

Nah, untuk mempermudah anda dalam mengetahui bagaimana cara merawat ikan guppy yang baik dan benar, simaklah penjelasan berikut ini.

Cara Mudah Merawat Ikan Guppy

Gambar Ikan Guppy

Gambar Ikan Guppy

1. Cara Merawat Ikan Guppy di Akuarium

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan dalam merawat ikan guppy di akuarium. Memelihara ikan guppy di akuarium sebenarnya sedikit lebih susah dibandingkan memelihara ikan guppy di wadah lain.

Ini karena anda harus rutin membersihkan aquarium agar ikan guppy sehat dan ikan guppy lebih enak dipandang jika aquarium bersih. Berikut ini tahapan warawat ikan guppy di akuarium.

Ikan Guppy Albino Full Red

Ikan Guppy Albino Full Red

A. Pemilihan Akuarium

Anda bisa memilih akuarium sesuai dengan kebutuhan dan jumlah ikan guppy. Jika anda hanya memelihara 1-2 pasang ikan guppy maka gunakan akuarium ukuran P 40 x L 20 x T 30 cm.

Tetapi jika anda memelihara ikan guppy dalam jumlah banyak (anakan) lebih dari 20 ekor, maka gunakan akuarium ukuran P 60 x L 30 x T 40.

Ketebalan akuarium ikan guppy disesuaikan dengan ukuran akuarium, anda bisa menggunakan kaca berkuran 4 mm. Usahakan menggunakan aquarium polos seperti gambar diatas, agar ikan guppy lebih terlihat cantik.

filter

filter

B. Penambahan Aerator Filter

Untuk menjaga kualitas air agar tetap bersih dan menambahkan oksigen terlarut, maka anda bisa menggunakan aerator filter.

Aerator filter banyak dijumpai di toko ikan hias, harganya pun cukup terjangkau. Atau anda juga bisa membuatnya sendiri agar mengirit budget (Cara Membuat Aerator Filter Minim Biaya).

C. Pemilihan Pakan Ikan Guppy

Dalam merawat ikan guppy di aquarium, pemilihan pakan juga harus diperhatikan agar air tidak cepat kotor. Sebaiknya anda tidak menggunakan pelet dan lebih memilih untuk menggunakan pakan hidup.

Ada banyak jenis pakan hidup untuk ikan guppy, seperti : cacing sutra, daphnia magna, artemia, dan monia. Pakan hidup dipilih karena tidak membuat akuarium ikan guppy cepat kotor.

Budidaya Ikan Guppy

Budidaya Ikan Guppy

2. Cara Merawat Ikan Guppy Tanpa Aerator

Dalam merawat ikan guppy, anda juga bisa menerapkan wadah tanpa aerator. Wadah ikan guppy tanpa aerator seperti : styrofoam, ember, kolam terpal, kolam tempok, dan wadah yang bisa menampung air.

Pemilihan wadah ini biasanya digunakan para breeder ikan guppy. Ini karena lebih menghemat biaya dan tidak perlu menggunakan aerator.

Syarat cara merawat ikan guppy tanpa aerator adalah dengan menambahkan tanaman air. Jenis tanaman air yang bisa anda pilih seperti : eceng gondok, tapak kuda, apu-apu, dan frogbit.

Tanaman air berguna sebagai pengganti aerator, yaitu untuk menambahkan kadar okigen terlarut dalam air dan menjaga suhu agar tetap stabil.

Gambar Ikan Guppy

Gambar Ikan Guppy

3. Cara Merawat Ikan Guppy Agar Tidak Mati

Bagi anda pemula pecinta ikan guppy, tentu masalah terbesar adalah ikan guppy yang anda pelihara mudah mati dan susah tumbuh besar.

Hal ini dikarenakan beberapa faktor. Nah berikut ini cara merawat ikan guppy agar tidak mati dan cara merawat ikan guppy agar tumbuh besar.

Air Garam

Air Garam

A. Kualitas Air

Walaupun ikan guppy mudah beradaptasi, tetapi anda juga harus memperhatikan kualitas air agar ikan guppy tidak cepat mati dan cepat tumbuh besar.

Kualitas air yang baik untuk memelihara ikan guppy adalah pada suhu 22-28 °C dan kadar pH 6.5 – 7.0. Pada suhu dan pH ini, ikan guppy akan sehat dan cepat tumbuh besar.

B. Penambahan Garam

Penambahan garam bertujuan agar menstabilkan salinitas air. Jika salinitas air stabil, maka jamur dan bakteri tidak akan tumbuh sehingga ikan guppy tidak gampang mati.

Anda bisa memberikan garam dapur secukupnya, atau sepucuk sendok makan pada akuarium ikan guppy. Penambahan garam juga bertujuan agar ikan guppy napsu makan dan cepat tumbuh besar.

Gambar Aquarium AquascapeUnik

Gambar Aquarium Aquascape

C. Kebersihan Akuarium

Jika anda memelihara ikan guppy di akuarium maka anda harus rutin membersihkannya. Jika anda menggunakan aerator filter, maka anda bisa membersihkan aquarium 1 bulan sekali.

Tetapi jika anda menggunakan filter biasa, maka pergantian air dan pembersihan akuarium bisa anda lakukan 1 minggu sekali.

Pergantian air dan pembersihan akuarium harus diperhatikan agar jamur dan bakteri tidak tumbuh dan ikan guppy cepat besar serta tidak mudah mati.

moina sp

moina sp

D. Makanan Ikan Guppy

Cara merawat ikan guppy yang baik dan benar terakhir adalah dengan memperhatikan makanan ikan guppy. Makanan ikan guppy sangat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan ikan.

Ada banyak jenis makanan ikan guppy. Untuk pakan buatan anda bisa menggunakan pelet, pelet yang digunakan harus berkualitas agar ikan guppy cepat tumbuh besar dan warnanya cantik.

pelet mem

pelet mem

Kami sangat menyarankan anda untuk menggunakan pelet MeM. Pelet MeM mengandung protein dan gizi yang tinggi untuk mempercantik warna dan mempercepat pertumbuhan ikan guppy.

Walaupun harga pelet MeM sedikit lebih mahal, tetapi hal ini sangat sebanding dengan hasil yang akan didapatkan nantinya. Disini kami juga menyediakan dan menjual pelet MeM untuk anda.

Sedangkan untuk makanan hidup, anda bisa menggunakan artemia, daphnia magna, moina sp, dan cacing sutra. Pemberian pakan hidup ini secukupnya saja, agar ikan guppy tidak overfat.

Gambar Ikan Guppy Albino

Gambar Ikan Guppy Albino

Bagaimana, sudah tidak bingung labi bukan untuk merawat ikan guppy agar tidak cepat mati?. Jika anda merawat ikan guppy sesuai panduan diatas, maka ikan guppy tidak mudah mati dan cepat tumbuh besar.

Nah, itulah artikel mengenai cara merawat ikan guppy termudah dan terlengkap. Mulai dari cara merawat ikan guppy agar cepat besar, cara merawat ikan guppy agar tidak cepat mati, dan cara merawat ikan guppy hamil.

Kami mohon maaf jika ada kesalahan kata dan informasi dalam artikel cara merawat ikan guppy ini. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memelihara ikan guppy. Terimakasih sudah mengunungi website kami.

Cara Merawat Ikan Guppy | oryza | 4.5
WhatsApp chat