bahasikan.com

Cara Merawat Ikan Cupang

Cara Merawat Ikan Cupang – Kecantikan ikan cupang memang sudah tidak diragukan lagi. Warna yang berfariasi dan sirip lebar yang cantik membuatnya memiliki banyak penggemar.

Sekarang ini ada banyak jenis ikan cupang, mulai dari ikan cupang multy color, ikan cupang koi, ikan cupang avatar, ikan cupang halfmoon, dan ikan cupang giant.

Aquarium Ikan Cupang Bagus

Aquarium Ikan Cupang Bagus

Untuk medapatkan ikan cupang dengan kualitas bagus tentu memerlukan proses yang lama dan cara merawat yang baik. Cara merawat ikan cupang sebenarnya tidaklah terlalu susah.

Nah, kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara merawat ikan cupang dengan baik dan benar. Seperti : cara merawat ikan cupang agar tidak mati, cara merawat ikan cupang agar cepat besar, dan cara merawat ikan cupang agar cantik.

Dalam merawat ikan cupang, diperlukan kesabaran dan ketekunan. Ikan cupang akan tumbuh cantik dan cepat besar jika anda benar – benar memperhatikan cara merawat ikan cupang sesuai panduan di artikel ini.

Tahapan merawat ikan cupang tersulit adalah pada saat burayak atau saat ikan berumur 1-2 bulan. Untuk membantu anda dalam mengetahui cara merawat ikan cupang yang baik dan benar, simaklah ulasan berikut.

Cara Merawat Ikan Cupang yang Benar

 

Ikan Cupang Halfmoon

1. Cara Merawat Ikan Cupang Agar Tidak Mati

Bagi pemula pecinta ikan cupang, tentu hal yang paling ditakutkan adalah ikan cupang yang mudah mati. Banyak kesalahan yang dilakukan oleh para pemula pecinta ikan cupang.

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan. Nah, berikut ini kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula dan mengakibatkan ikan cupang cepat mati.

Pakan Ikan Lele ( Pellet )

Pakan Ikan Cupang

A. Pemberian Pakan Berlebihan

Kesalahan ini paling sering terjadi dan merupakan kesalahan fatal yang mengakibatkan ikan cupang mati. Jika anda memberikan pakan berlebihan, maka sisa makanan akan mengotori air.

Kotoran ikan cupang dan sisa makanan inilah yang akan menimbulkan zat amoniak pada air tinggi. Jika kadar zat amoniak tinggi, maka akan mengakibatkan ikan stress dan mati.

Budidaya Ikan Guppy di Aquarium-min

Aquarium Ikan Cupang

B. Jarang Membersihkan Aquarium

Aquarium yang jarang dibersihkan akan membuat tumbuhnya bakteri dan penyakit. Bakteri dan penyakit inilah yang mengakibatkan ikan cupang sakit dan mati.

Pembersihan aquarium bisa anda lakukan selama 4 hari sekali, ini tergantung tingkat kekotoran air aquarium. Jika air sudah berubah coklat kehitaman, maka segera ganti air aquarium ikan cupang.

Daun Ketapang

Daun Ketapang

C. Tidak Memberikan Daun Ketapang Kering

Fungsi dari daun ketapang kering sangatlah penting. Daun ketapang berguna untuk menetralkan pH air. Biasanya air sumur dan air PDAM mengandung kadar pH rendah.

Jika kadar pH rendah maka akan mengakibatkan ikan cupang tidak mau makan dan mudah terkena penyakit. Kadar pH yang baik untuk ikan cupang adalah pH 6,5 – 7,0.

Daun ketapang kering jika dimasukkan kedalam air maka akan mengeluarkan getah berwarna kuning kecoklatan. Nah getah inilah yang akan menetralkan pH dan menambah daya tahan tubuh ikan cupang.

Air Garam

Air Garam

D. Tidak Menambahkan Garam Pada Air Ikan Cupang

Cara merawat ikan cupang baik dan benar yang sering dilupakan oleh penghobi adalah tidak memberikan garam pada aair aquarium ikan cupang.

Pemberian garam sangat penting dilakukan agar ikan tidak terkena jamur dan bakteri. Pada ppm/kadar salinitas tertuntu, bakteri dan jamur tidak bisa tumbuh di wadah ikan cupang.

Salinitas yang bagus untuk ikan cupang adalah 450-500 ppm. Anda bisa memberikan garam secukupnya pada air aquarium ikan cupang.

burayak cupang

Burayak Ikan Cupang

2. Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Bagi para breeder, tentu mencari solusi agar ikan cupang cepat tumbuh besar dan sehat merupakan hal terpenting.

Dalam cara merawat ikan cupang agar cepat besar, dibutuhkan pakan berkualitas. Nah, berikut ini makanan yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan cupang.

Gambar Artemia

Gambar Artemia

A. Artemia

Artemia merupakan jenis udang berukuran mikro yang sangat bagus untuk dijadikan pakan burayak ikan cupang umur 1-7 hari setelah menetas.

Cara pemberian artemia untuk burayak ikan cupang adalah dengan menetaskannya terlebih dahulu. Cara Menetaskan Artemia. Artemia sangat baik untuk pakan burayak karena kandungan protein yang tinggi

Selain kandungan protein yang tinggi untuk mempercepat pertumbuhan ikan, ukuran artemia juga sangat kecil dan sesuai dengan bukaan mulut ikan cupang kecil.

moina sp

Kutu Air

B. Kutu Air

Kutu air sangat baik untuk makanan ikan cupang umur 7-42 hari. Kandungan protein yang tinggi pada kutu air yang mempercepat pertumbuhan dan mempercantik warna ikan cupang.

Pemberian kutu air untuk makanan ikan cupang tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu banyak, maka sisa kutu air yang tidak dimakan akan membusuk dan membuat air keruh.

Jika air keruh, maka akan meningkatkan zat amoniak yang akan mengakibatkan ikan cupang mati. Maka pemberian kutu air harus sesuai dengan kebutuhan makan burayak.

Harga Ikan Cupang Fancy

Gambar Ikan Cupang Multy Color

3. Cara Merawat Ikan Cupang Biar Cantik

Bagi anda para pengkoletor dan pemain ikan cupang kontes tentu memerlukan pakan terbaik agar ikan cupang memiliki warna cantik dan bentuk tubuh sempurna.

Ada dua cara agar ikan cupang memiliki warna cantik dan tubuh sempurna, yaitu pemberian pakan berkualitas dan menjaga kualitas air agar tetap bagus.

cacing sutra

cacing sutra

A. Cacing Sutra dan Spirulina

Pemberian pakan sangat mempengaruhi kecantik warna ikan cupang nantinya. Ada dua makanan ikan cupang yang dapat mempercantik warna, yaitu cacing sutra dan pelet.

Pemberian pelet dan cacing sutra bisa dilakukan ketika cupang umur 42 hari hingga dewasa. Cacing sutra yang diberikan merupakan cacing sutra yang masih dalam kondisi hidup.

Anda juga bisa menambahkan bubuk spirulina pada cacing sutra agar mempercepat ikan cupang bermutasi dan menghasilkan warna yang cantik.

pelet mem

pelet mem

B. Pelet MeM

Untuk pelet ikan cupang sendiri ada berbagai macam merek, tetapi kali ini kami akan menyarankan untuk menggunakan pelet MeM.

Pelet MeM diproduksi secara khusu untuk mempercepat pertumbuhan dan mempercantik warna ikan cupang. Ini mengapa harga pelet MeM lebih mahal dibandingkan pelet lain.

Pelet MeM sendiri dibagi menjadi beberapa ukuran, ada pelet MeM untuk burayak dan ada pelet MeM untuk ikan cupang dewasa.

Jika anda ingin mempercantik warna ikan cupang, maka kami sangat menyarankan untuk memberikan pelet MeM sebagai makanan ikan cupang.

Harga pelet MeM yang sedikti lebih mahal akan sebanding dengan hasil yang akan didapatkan. Disini kami juga menyesiakan dan menjual Pelet MeM.

jentik nyamuk

jentik nyamuk

C. Jentik Nyamuk

Cara merawat ikan cupang yang baik dan benar terakhir adalah pemberian jenitik nyamuk. Pemberian jentik nyamuk berguna untuk mempercantik warna ikan cupang.

Selain itu, jentik nyamuk juga sangat bagus untuk indukan ikan cupang. Ini karena dapat mempercepat proses pembentukan sel telur dan sel sperma agar nanti pada saat pemijahan burayak ikan cupang banyak.

Nah, itulah ulasan mengenai bagaimana cara merawat ikan cupang. Mulai dari cara merawat ikan cupang agar tidak mati, cara merawat ikan cupang agar cepat besar, cara merawat ikan cupang agar cantik, dan cara merawat ikan cupang biar ganas.

Bagaimana, sudah tidak bingungkan bagaiaman cara merawat ikan cupang yang baik dan benar?. Jadi tunggu apa lagi, mulailah untuk memelihara ikan cupang sebagai ikan hias di rumah.

Semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang mencari cara bagaiaman merawat ikan cupang yang baik dan benar.

Kami mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian kata dan informasi yang kurang jelas. Terimakasih sudah mengunjungi website kami Bahasikan.com. Salam Satu Hobi.

Cara Merawat Ikan Cupang | oryza | 4.5
WhatsApp chat