bahasikan.com

Klik Disini Untuk Order Via WhatApps

Budidaya Lobster Air Tawar

Budidaya Lobster Air Tawar – Budidaya ikan merupakan salah satu usaha yang banyak di lakukan masyarakat Indonesia sejak dulu hingga sekarang. Banyak jenis ikan yang bisa dibudidayakan diberbagai macam tempat, muali dari laut, danau, sungai nahkan darat. Banyak kisah sukses dari para pembudidaya ikan, dan sekarang ini yang menjadi tren adalah budidaya lobster air tawar.

Budidaya lobster air tawar banyak diminati karena caranya yang mudah serta mampu menghasilkan keuntungan besar. Cara budidaya lobster air tawar tidaklah susah serta tidak membutuhkan lahan luar dan biaya besar. Anda bisa memanfaatkan rumah atau lahan kososng untuk membuat kolam budidaya lobster air tawar dengan biaya muali dari Rp 200.000 – Rp 500.000.

Kolam Budidaya Lobster Air Tawar

Kolam Budidaya Lobster Air Tawar

Nah diartikel ini kami akan mengulas tuntas bagimana cara budidaya lobster air tawar yang baik dan benar untuk berbagai lokasi. Budidaya lobster air tawar bisa dilakukan di kolam terpal, kolam tembok, dan aquarium. Ada beberapa step untuk anda pemula yang ingin belajar bagaimana cara budidaya lobster air tawar dengan benar.

Untuk pemasaran lobster air tawar tidaklah susah. Ada dua jenis pemasaran lobster air tawar, yaitu lobster air tawar hias dan lobster air tawar konsumsi. Banyak para pembudidaya yang memilih untuk membudidayakan lobster air tawar konsumsi, ini karena budidaya lobster air tawar konsumsi lebih mudah dan mengahasilkan banyak uang. Berikut ini cara budidaya lobster air tawar.

Cara Budidaya Lobster Air Tawar

Cara Budidaya Lobster Air Tawar

1. Syarat Budidaya Lobster Air Tawar

Oksigen yang dapat digunakan untuk budidaya lobster air tawar ini sekitar 4 ppm. Lobster air tawar sangat cocok hidup di kolam bersuhu 25 – 29° C. Untuk tingkat keasaman air, lobster air tawar ini sangat cocok dengan air yang memiliki keasaman sekitar  7 – 9 pH. Maka dari itu, Anda akan susah menjumpai lobster air tawar yang perairannya memiliki keasaman di bawah 7 pH.

Lobster air tawar ini juga memerlukan perairan yang memiliki kandungan kapur sedang sampai tinggi. Hal ini diperlukan karena untuk menjaga kadar kalsium sebagai pembentukan cangkang lobster air tawar.

Kolam Terpal Lobster Air Tawar

Kolam Terpal Lobster Air Tawar

2. Tempat Budidaya Lobster Air Tawar

Ada berbagai macam tempat yang bisa anda pilih untuk budidaya lobster air tawar, seperti kolam tembok, kolam terpal, dan aquarium. Media untuk budidaya lobster air tawar tergantung space yang anda miliki, tetapi jika anda ingin benar – benar menekuni budidaya lobster air tawar maka gunakanlah kolam terpal.

Budidaya Lobster Air Tawar Di Kolam Terpal

Budidaya lobster air tawar di kolam terpal banyak dipilih karena biaya pembuatan kolam yang tidak terlalu besar, serta memudahkan anda pada saat menguras air dan mengontrol lobster. Anda bisa membuat kolam terpal menggunakan bambu/kayu dengan ukuran kolam sebagai berikut :

  • Panjang : 2 meter
  • Lebar : 1 meter
  • Tinggi : 1 meter
  • Kedalaman Air : 50 cm

Untuk ukuran kolam budidaya lobster air tawar tersebut, anda bisa menempatkan 20 – 30 pasang indukan siap pijah, dan 200 ekor bibit lobster air tawar untuk pembesaran. Ukuran kolam bisa anda modifikasi sendiri sesuai lokasi yang ada dirumah anda.

Budidaya Lobster Air Tawar Di Aquarium

Untuk budidaya lobster air tawar di aquarium, anda bisa menyiapkan aquarium dengan ukuran 40 x 80 cm dengan tinggi 50 cm. Untuk ukuran aquarium seperti ini, anda bisa menempatkan 4 – 5 pasang indukan dan 30 ekor bibit lobster air tawar.

Hal yang harus anda perhatikan dalam cara budidaya lobster air tawar adalah kebersihan air dan tempat persembunyian lobster ketika molting. Untuk tempat persembunyian lobster, anda bisa menggunakan pipa ukuran 3 Inch atau bata ventilasi yang disusun. Tempat persembunyian lobster sangat penting agar ketika lobster molting/ganti kulit maka lobster lainnya tidak memakan. Ini karena lobster merupakan hewan kanibal.

Indukan Lobster Air Tawar

Indukan Lobster Air Tawar

3. Memilih Indukan Budidaya Lobster Air Tawar

Jika Anda mencari induk lobster, carilah induk lobster air tawar yang ukurannya di atas 4 inci atau sekitar 10 cm. Umumnya, indukan ini berusia 5 hingga 6 bulan. Nah, berikut ini adalah tips memilih calon indukan lobster air tawar yang berkualitas agar Anda tidak tertipu ketika hendak membeli indukan lobster.

  • Pilihlah indukan yang kiranya proses pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan dengan yang lainnya.
  • Belilah indukan lobster air tawar di toko yang sudah bersertifikat.
  • Perhatikan kelaminnya. Jangan sampai Anda mendapatkan lobster banci, alias lobster betina yang juga memiliki kelamin jantan. Lobster ini tidak akan bisa bertelur sama sekali.
  • Pilihlah lobster yang gemuk, jangan sampai Anda mendapatkan lobster yang kepalanya lebih besar ukurannya dibandingkan tubuh dan ekornya. Lobster yang demikian adalah lobster yang kurang makan atau nutrisi.
  • Anda bisa mengawinkan lobster ketika berusia 5 sampai 6 bulan atau ukurannya yang sudah mencapai sekitar 4 inci. Karena, jika semakin muda lobster dikawinkan, maka semakin lambat pula pertumbuhan anaknya nanti. Dan indukan lobster yang berukuran 4 inci, biasanya dapat bertelur hingga 200 telur.
  • Anda bisa memisahkan antara yang jantan dan betina ketika mereka sudah mencapai 2 inci atau 5 cm.
  • Perlu juga bibit, bebet, bobot dari lobster. Usahakan Anda mendapatkan indukan lobster yang murni dari spesies lobster yang terbaik.
Benih Lobster Air Tawar

Benih Lobster Air Tawar

4. Memilih Benih Lobster Air Tawar

Untuk memulai budidaya lobster air tawar, anda harus mengetahui cara memilih benih yang bagus. Dalam proses pembenihan ini, Anda perlu membedakan antara indukan yang jantan dengan indukan yang betina. Cara membedakannya cukup mudah. Berikut cara membedakan lobster air tawar jantan dan betina

  • Lobster Jantan
    Capik bagian luar lobster jantan ini terdapat bercak yang berwarna merah. Dan tanda merah ini akan muncul ketika lobster jantan berusia 3 sampai 4 bulan. Di situ, lobster memiliki ukuran sekitar 3 inci atau 7 cm. nah, lobster jantan pada masa inilah yang siap dikawinkan dengan lobster betina.
  • Lobster Betina
    Di bagian capik tidak ada tonjolan atau penisnya. Lobster betina ini memiliki lubang pada bagian pangkal kaki ketiga dari bawah atau ekor. Nah, lubang tersebutlah yang merupakan kelamin dari lobster betina dan juga sebagai tempat keluarnya telur.

5. Harga Bibit dan Indukan Lobster Air Tawar

Harga indukan lobster air tawar berfariasi, tergantung tempat dan ukuran. Untuk satu set indukan siap dipijahkan berisi 5 betina dan 3 jantan. Untuk lobster ukuran 5 inchi, mampu menghasilkan 400 telur per betina. Jadi satu set bisa menghasilkan sekitar 2.000 anakan. Harga indukan satu set berkisar Rp 750.000 hingga Rp 900.000 untuk satu set.

Jika anda bingung untuk mengkawinkan dan memijakhan lobster air tawar maka anda bisa membeli benih untuk pembesaran. Harga bibit lobster air tawar ukuran 2 inch Rp 1.250/ekor tinggal dikalikan berapa ribu ekor bibit lobster air tawar yang akan anda budidayakan.

6. Mengkawinkan Indukan Lobster Air Tawar

Anda bisa mengwinkan lobster dengan cara menggabungkan antara indukan yang jantan dan betina menjadi satu pada kolam terpal atau akuarium berukuran 100 x 50 x 25 cm. Untuk ukuran akuarium tersebut dapat dimasuki 5 lobster betina dan 3 lobster jantan.

Setelah memasukan lobster ke dalam akuarium, selanjutnya Anda letakan minimal 8 buah pipa paralon yang memiliki diameter 2 inci dan panjang 20cm. Tunggulah hingga dua minggu. Umumnya, setelah dua minggu, indukan betina sudah dapat bertelur.

Ketika lobster sedang melakukan perkawinan, mereka akan membentuk formasi huruf Y. Dimana lobster jantan akan mengeluarkan sperma dan meletakkan di dekat pangkal kedua kaki lobster betina. Nantinya, sperma itu akan berwarna putih dan menggumpal agar keras lalu akan larut ke dalam air.

Kemudian, setelah proses pembuahan, lobster betina akan menjauh dari lobster jantan perlahan-lahan. Lobster betina mengeluarkan telurnya dari lubang pangkal kaki ketiga dengan melewati sperma lalu turun ke ekor ebdomennya. Nantinya, telur akan dikumpulkan di dalam abdodemennya sambil menutup rapat ekornya selama seminggu.

Lobster Air Tawar

Lobster Air Tawar

7. Pemindahan Induk Lobster Air Tawar

Dalam proses pemindahan induk lobster air tawar ini, akan terjadi proses pengeraman dan penetasan telur lobster. Umumnya, dilakukan 2 atau 3 minggu setelah pembuahan. Telur baru akan menempel, dan induk betina akan berjalan keliling dengan posisi ekor yang terbuka, agar telur dapat terlihat dengan jelas. Nah, pada masa proses inilah, induk dapat dipindahkan ke kolam penetasan yang wadahnya bisa sekitar 1 x 2 meter.

  • Minggu ke 2, telur masih berbentuk bulat.
  • Minggu ke 3, telur mulai terdapat bintik hitam. Bintik hitam inilah yang disebut sebagai embrio.
  • Minggu ke 4, capit, sungut, dan kaki mulai tumbuh di dalam telur. Walaupun demikian, pada masa ini, lobster anakan tersebut masih belum bisa mandiri. Jadi, jika pada masa ini telur rontok dari induknya, maka dapat dipastikan embrio bisa mati. Uniknya, induk betina akan menggoyang-goyangkan kaki renangnya yang terdapat telur-telur lobster ini untuk memberikan oksigen pada telur-telurnya. Bahkan, si induk pun juga sering merapikan telur-telur yang mau rontok dengan menggunakan kaki jalannya.
  • Minggu ke 5, hampir seluruh kuning telur mulai habis. Dan pada masa inilah, embrio mulai lepas dari induknya satu persatu dan mencari makanan sendiri. Namun, tidak semua lepas dari kaki induknya, masih ada 30% yang menempel. Nah, di sini Anda bisa merontokan 30% embrio itu, karena takutnya naluri keibuannya pada si induk akan hilang karena kelelahan menggendong telur.
Pelet Makanan Ikan

Pelet Makanan Ikan

8. Pemberian Pakan Lobster Air Tawar

lobster anakan yang baru menetas bisa anda berikan pakan berupa cacing suter atau cacing beku untuk memacu pertumbuhan yang baik. Dalam proses pemberian makanan, sebaiknya diberikan sebanyak 30% dari besar badannya di waktu pagi dan sore hari.

Setelah ukuran lobster berkisar 1 Inchi, anda bisa berikan pakan berupa pelet, sayur, dan umbi – umbian. Untuk pelet lobster air tawar, anda bisa beli di penjual benih lobster dan toko pakan budidaya ikan.

9. Pemanenan Lobster Air Tawar

Anda sudah bisa mulai melakukan pemanenan budidaya lobster air tawar ketika benih sudah mulai berukuran 1 sampai 2 cm. Waktu yang tepat untuk pemanenan bisa dilakukan di jam 9 pagi dan berada di lingkungan yang terbuka. Selain itu juga harus dengan kualitas dan parameter air yang harus sama dengan air yang ada di akuarium sebelumnya. Hal ini perlu dilakukan agar benih tidak mengalami stress.

Untuk pemanena lobster air tawar siap konsumsi bisa anda lakukan ketika lobster berukuran 3 – 4 Inci. Untuk mendapatkan ukuran ini anda memerlukan waktu sekitar 4 – 5 bulan. Pemanenan bisa anda lakukan dengan pemilihan sesuai ukuran, atau mengambil semua lobster yang ada.

Nah itulah bagimana cara budidaya lobster air tawar di kolam terpal dan budidaya lobster air tawar di aquarium. Semoga artikel tentang cara budidaya lobster air tawar ini berguna dan bisa membantu anda yang ingin mulai berbisnis budidaya lobster air tawar, terimakasih sudah mengunjungi website kami.

 

Budidaya Lobster Air Tawar | oryza | 4.5
WhatsApp chat