bahasikan.com

Budidaya Ikan Guppy

Budidaya Ikan Guppy – Seperti yang kita ketahu bahwa ikan guppy merupakan ikan hias air tawar yang mudah dan banyak kita temukan dipara penjual ikan hias di sekitar kita. Ikan guppy memiliki julukan, yaitu ikan seribu. Kenapa dinamakan ikan seribu?.

Aquarium Ikan Guppy

Aquarium Ikan Guppy

Dinamakan ikan seribu karena ikan guppy sangatlah mudah untuk dibudidayakan. Budidaya ikan guppy di Indonesia sendiri sudah berlangsung sekitar puluhan tahun laluIkan guppy berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Selatan. Ikan guppy masuk ke Indonesia pada tahun 1920-an sebagai ikan hias aquarium.

Budidaya ikan gappy sangatlah mudah, anda tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk budidaya ikan guppy. Ada banyak tempat yang bisa anda gunakan untuk budidaya ikan guppy, seperti ; Aquarium, ember, kolam tembok, dan kolam terpal. Berikut cara budidaya ikan guppy terbaik dan termudah di berbagai tempat.

Cara Budidaya Ikan Guppy Sukses dan Termudah

Budidaya Ikan Guppy

Budidaya Ikan Guppy

1. Pemilihan Indukan Ikan Guppy

Cara budidaya ikan guppy yang pertama adalah pemilihan indukan. Pemilihan indukan ikan guppy sangat penting. Ini karena dari sinilah kita bisa mendapatkan hasil budidaya ikan guppy yang berkualitas. Ada puluhan jenis ikan guppy yang ada di Indoensia dan sebagian besar terbentuk dari persilang indukan ikan guppy beda jenis.

Indukan ikan guppy yang baik adalah indukan yang mampu menurunkan genetik 100 % dari induk jantan ke anakannya. Cara memilih indukan guppy seperti ini memang lumayan susah. Indukan ikan guppy seperti ini memiliki harga lebih mahal. Ini karena sangat berpengaruh untuk budidaya ikan guppy seterusnya.

Indukan Ikan Guppy

Indukan Ikan Guppy

2. Membedakan Ikan Guppy Jantan dan Betina

Langkah budidaya ikan guppy selanjutnya adalah membedakan ikan guppy jantan dan betina. Membedakan ikan guppy betina dan pejantan sangatlah mudah. Ciri ikan guppy jantan adalah memiliki corak warna yang lebih cantik dan menarik. Selain itu bentuk ekor ikan guppy pejantan juga lebih besar dan panjang.

Sedangkan ciri ikan guppy betina adalah memiliki ukuran tubuh lebih besar. Yang sangat menjadi patokan adalah bentuk perut ikan guppy betina yang besar dan terlihat transparan. Ini karena ikan guppy betina mengandung sel telur yang siap dibuahi. Warna ikan guppy betina juga terlihat kurang menarik dan ukuran ekor lebih kecil.

Gambar Ikan Guppy HB White Betina

Gambar Ikan Guppy HB White Betina

3. Perbandingan Indukan Jantan dan Betina

Dalam budidaya ikan guppy kita juga harus memperhatikan berapa perbandingan jantan dan betina pada saat penjodohan. Ikan guppy termasuk kedalam jenis hewaan yang Poligami. Artinya satu pejantan dewasa ikan guppy mampu membuahi lebih dari satu betina.

Untuk perbandingan ideal yang sering diterapkan

adalah model 1:3. Yaitu, satu indukan pejantan ikan guppy dan tiga indukan betina dalam satu tempat,atau bisa juga berlaku kelipatannya. Selain memperhatikan perbandingan indukan ikan guppy,kita juga harus memilih indukan betina yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dari pejantannya.

4. Tempat Budidaya Ikan Guppy

Ada tiga tempat budidaya ikan guppy yang sering digunakan, yaitu aquarium, ember, dan kolam terpal. Semua tempat budidaya ikan guppy tersebut memiliki keunggulan dan kekurngannya masing- masing. Tetapi budidya ikan guppy sangatlah mudah, sehingga tempat tidak terlalu menjadi masalah, asalkan tempat budidaya ikan guppy bersih dan pemberian makan rutin maka ikan guppy mudah untuk berkembang biak.

Budidaya Ikan Guppy

Budidaya Ikan Guppy

  • Budidaya Ikan Guppy Menggunakan Ember

Budidaya ikan guppy menggunakan ember sekarang ini paling banyak dilakukan. Untuk anda seorang pembudidaya ikan guppy pemula, budidaya ika guppy menggunakan ember sangat kami sarankan. Ini karna mudah untuk budidaya ikan guppy diember tidakalh telalu mahal.

Jika anda ingin membudidaya ikan guppy di ember maka anda tidak perlu menggunakan aerator. Anda hanya perlu memberikan pakan rutin dan sering membersihkan air. Selain itu untuk budidaya ikan guppy di ember anda juga memerlukan tanaman air untuk tempat persembunyian anakan ikan guppy.

Budidaya Ikan Guppy di Aquarium-min

Budidaya Ikan Guppy di Aquarium

  • Budidaya Ikan Guppy Menggunakan Akuarium

Budidaya ikan guppy di aquarium sangat menguntungkan kita yang tidak memiliki lahan luas. Budidaya ikan guppy di akuarium sangat baik jika anda ingin membudidaya ikan guppy langsung skala besar. Ini karena akan memudahkan anda dalam membersihkan akuariam dan memberikan makan.

Kekurangan dari budidaya ikan guppy di akuarium adalah perlu biaya banyak. Anda harus membeli akuarium dan membuat rak tempat akuarium sebagai tempat untuk membudidaya guppy.Tetapi ini akan sebanding dengan hasil yang akan anda dapat nantinya.

Gambar Ikan Guppy Betina

Gambar Ikan Guppy Betina

5. Penjododah Ikan Guppy

Cara budidaya ikan guppy selanjutnya adalah tahap penjodohan. Penjodahan ikan guppy sangatlah penting kerena sangat menentukan keberhasilan budidaya ikan guppy, walaupun ikan guppy mudah untuk dijodohkan. Ikan guppy yang sudah jodoh dan siap dibudidayakan adalah ikan guppy yang sering bergerombol dan pejantan selalu menempal ikan guppy betina.

Tetapi sebelum ditempatkan dalam satu tempat, indukan guppy pejantan dan betina terlebih dahulu dipisahkan sealam 1 hari. Ini bertujuan agar nanti disaat pemijahan, ikan guppy betina lebih fit dan sehat. Berikan pakan indukan ikan guppy dengan daphnia atau kutu air untu merangsang penjodohan ikan guppy.

Pemijaha Ikan Guppy

Pemijaha Ikan Guppy

6. Pemijahan Ikan Guppy

Cara budidaya ikan guppy selanjutnay adalah pemijahan ikan guppy. Ikan guppy yang lolos tahap penjodohan maka akan terlihat sangat dekat dengan pasanganya. Biasanya hanya akan ada satu pejantan untuk dua betina dalam proses pemijahan. Ini bertujuan agar nantinya ikan guppy yang baru lahir tidak dimakan indukan betina lainnya.

Gunukanlah tanaman air seperti enceng gondok dan hydrilla untuk tempat bercumbu dan tempat persembunyaan anakan ikan guppy.Saya akan memberikan rahasia agar anakan ikan guppy tidak dimakan oleh indukan ikan guppy betina.

Perlu kalian tahu,ikan guppy merupakan ikan yang menyimpan embrio/calon anakan ikan didalam perutnya. Jadi ketika embrio ikan guppy sudah berukan besar dan sudah bisa makan sendiri,maka indukan ikan guppy akan melahirkan anakan secara satu per satu..

Anakan Ikan Guppy

Anakan Ikan Guppy

7. Pembesaran Ikan Guppy Anakan

Budidaya ikan guppy selanjutnya adalah pembesaran anakan ikan guppy. Ikan guppy yang baru lahir harus cepat cepat dipisahkan agar tidak dimakan indukannya.Tempatkan anakan ikan guppy dalam wadah lain,bisa ember,aquarium atau kolam.

Usahkan anakan ikan guppy terkena paparan sinar matahari,ini bertujuan agar warna anakan ikan guppy  nantinya akan berwarna lebih cerah. Selain itu tempat pembesaran ikan guppy juga bisa disediakan tanaman air seperti haydrilla dan enceng gondong.

Cacing Sutra

Cacing Sutra

8. Makanan Anakan Ikan Guppy

Cara budidaya ikan guppy yang terakhir adalah pemberian pakan.Anakan ikan guppy  usia kurang dari seminggu bisa diberikan pakan berupa infusoria. Setelah itu, anak ikan guppy bisa diberi artemia (udang renik) atau kutu air (daphnia dan moina) yang sudah disaring.

Setelah lewat 20 hari, baru bisa diberikan kutu air tanpa disaring,cacing sutra dan pellet yang dihaluskan. Ikan yang telah berumur 20 hari sudah bisa dibedakan antara jantan dan betina, dan bisa kita beri pakan pellet kecil. Budidaya ikan guppy terbilang sukses jika menghasilkan anakan dengan jumlah banyak dan jenis pejanta lebih dominan.

Baca Juga : Jenis-Jenis Ikan Guppy Termahal dan Tercantik

Nah itulah pembahas tentang cara budidaya ikan guppy diberbagai tempat. Mulai dari budidaya ikan guppy di kolam terpal dan cara budidaya ikan guppy albino. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin budidaya ikan guppy di kolam terpal dan mungkin akan menjadikannya sebagi bisnis sampingan yang menguntungkan.

Budidaya Ikan Guppy | oryza | 4.5
WhatsApp chat