bahasikan.com

Budidaya Ikan Guppy

Budidaya Ikan Guppy – Ikan guppy atau dalam bahas latin Poecilia reticulata merupakan ikan hias air tawar yang memiliki warna dan sirip ekor yang cantik. Keunikan ikan guppy terletak pada sirip ekornya yang besar dan panjang.

Tidak hanya itu, ikan guppy juga memiliki ciri – ciri berupa perut betina yang besar dan terlihat membulat. Nah di artikel kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara budidaya ikan guppy termudah dan terlengkap.

Indukan Ikan Guppy

Indukan Ikan Guppy

Sekarang ini ada banyak jenis ikan guppy yang berhasil dibudidayakan di Indonesia. Mulai dari ikan guppy albino full red, ikan guppy cobra, ikan guppy black moscow, ikan guppy platinum, ikan guppy sword tail, dan masih banyak jenis lainnya.

Budidaya ikan guppy terbilang mudah dibandingkan cara budidaya ikan lain. Ini karena masa hidup ikan guppy tidak lama dan cepatnya pertumbuhan ikan guppy. Budidaya ikan guppy sekarang ini sudah menjadi bisnis yang menguntungkan.

Para pembudidaya ikan guppy bisa meraup keuntungan jutaan rupiah per bulannya. Untuk mempermudah anda dalam mengatahui cara budidaya ikan guppy termudah. Berikut ini tahapan dalam budidaya ikan gupppy terlengkap yang bisa kami berikan.

Budidaya Ikan Guppy

Budidaya Ikan Guppy

1. Pemilihan Tempat Budidaya

Dalam budidaya ikan guppy tidak memerlukan kolam berukuran terlalu besar. Ada beberapa pilihat tempat budidaya ikan guppy yang bisa anda pilih, seperti : aquarium, stayrofoam, ember, kolam terpal, dan kolam tembok.

Anda juga bisa memakai peralatan yang sudah tidak terpakai untuk budidaya ikan guppy, seperti box lemari plastik, ember mandi bayi, panci bekas, dll. Dengan syarat tempat budidaya ikan guppy tersebut tidak bojor.

Nah, di sini kami sarankan anda untuk menggunakan styrofoam dan aquarium sebagai wadah budidaya ikan guppy. Ini karena stayrofoan dan aquarium lebih awet dan praktis jika anda akan membudidayakan ikan guppy di rumah.

Untuk aguarium, anda bisa menggunakan aquarium ukuran 40 x 60 cm atau stayrofoam ukuran 40 x 40 cm. Untuk ukuran wadah seperti ini, anda bisa budidaya ikan guppy  3 – 4 pasang indukan.

filter

filter

2. Persiapan Tempat Budidaya

Untuk budidaya ikan guppy, anda perlu menyiapkan aerator dan filter. Atau anda juga bisa mempdifikasi sendiri aerator + filter seperti gambar diatas. Aerator dan filter merupakan saranan penting dalam budidaya ikan guppy.

Aerator berfungsi untuk menambah oksigen terlarut dalam air. Ini bertujuan agar ikan guppy mudah untuk bernafas dan mempercepat pertumbuhannya. Sedangkan aerator berfungsi untuk menyaring kotoran dan sisa makanan ikan guppy.

Gambar Ikan Guppy

Gambar Ikan Guppy

3. Kualitas air

Kualitas air dalam budidaya ikan guppy juga harus diperhatikan. Ikan guppy akan cepat tumbuh dan berproduksi pada air dengan pH 6,5 – 7. Suhu air yang baik untuk budidaya ikan guppy adalah sekitar 28 – 32 °C.

Pada pH dan suhu air tersebut, ikan guyppy akan lebih cepat tumbuh dan tidak mudah terkena penyakit. Jika pH air dan suhu air rendah di bawah angka tersebut maka akan mengakibatkan ikan guppy stress dan mudah terkena penyakit.

Anda bisa menggunakan pH meter untuk mengukur pH air dan Termometer batang untuk mengukur suhu air. Jika hal ini sudah siap, maka anda siap ke tahap budidaya ikan guppy selanjutnya.

beda jantan dan betina

beda jantan dan betina

4. Pemilihan Indukan

Tahapan ini sangatlah penting dan perlu benar – benar anda perhatikan. Ikan guppy yang siap menjadi indukan harus memiliki umur diatas 5 bulan. Hal ini karena pada umur tersebut ikan guppy dapat melakukan perkawinan dan  pemijahan secara optimal.

Indukan yang baik memiliki bentuk tubuh yang proporsional. Pada induk jantan, ini dapat terlihat dari sirip ekor yang besar (bukaan 120°), rapih, dan memiliki warna yang cerah.

Gambar Ikan Guppy Betina dan Anakan

Gambar Ikan Guppy Betina dan Anakan

Sedangkan pada indukan betina dapat terlihat dari perut yang besar, sirip ekor besar (90°), tubuh lebih besar dan jantan, dan pergerakannya yang lincah.

Dalam budidaya ikan guppy tidak disarankan untuk melakukan crossbree dan inbreed. Crossbreed adalah perkawinan silang, dimana menyilangkan jenis ikan guppy yang berbeda. Contoh : Jantan ikan guppy platinum sedangkan betina ikan guppy albino full red.

Sedangkan inbreed artinya mengkawinkan ikan guppy yang masih berkerabat/satu keturunan. Crossbreed dan inbreed dapat merusak keturunan dan meningkatkan kegagalan dalam budidaya ikan guppy.

Gambar Ikan Guppy AFR Betina

Ikan Guppy Indukan

5. Pengawinan Ikan Guppy

Dalam budidaya ikan guppy, sangat dianjurkan untuk melakukan pengawinan 1 : 1. Artinya 1 induk jantan dikawainkan dengan 1  induk betina. Dalam aquarium ukuran 40 x 60 cm anda bisa menempatkan 3 – 4 pasang ikan guppy.

Ikan guppy akan hamil setelah dikawinkan selama 3 – 4 minggu. Ikan guppy merupakan ovovivipar. Artinya ikan jantan akan membuahi telur yang ada pada perut indukan betina. Setelah telur menetas dan anggota tubuh anak ikan guppy sempurna, induk akan melahirkan.

ikan guppy hamil

ikan guppy hamil

6. Ciri – Ciri Ikan Guppy Akan Melahirkan

Ada beberapa ciri – ciri induk betina ikan gappy akan melahirkan. Dalam budidaya ikan guppy, tahap ini  terbilang tahap yang tersulit.

Ini karena terkadang breeder pemula susah untuk membedakan mana ikan guppy yang sudah hamil dan mana yang belum hamil. Nah, berikut ini ciri – ciri indukan betina hamil yang siap melahirkan.

A. Perut Besar

Pada dasarnya, induk betina yang tidak hamil juga memiliki perut yang besar. Beda ikan guppy hamil dan tidak adalah perut terlihat lebih besar dari biasanya, terlihat putih dan kuning telur anakan, dan perut terlohat mengkotak dan melebihi size badan indukan.

B. Pergerakan Melambat

Induk ikan guppy yang hamil pergerakannya akan melambat. Selain itu, indukan akan lebih banyak diam dan menyendiri di pojok aquarium.

Induk guppy hamil juga akan terlihat lebih agresif, nafsu makan menurun, dan lebih sering ada di dasar aquarium. Nah kalo sudah seperti ini, anda harus segera memisahkan indukan guppy betian dengan jantannya.

persalinan

persalinan

7. Persalinan Indukan

Pisahkan indukan ikan guppy hamil yang siap melahirkan seperti tanda – tanda diatas ke wadah lain. Ini karena induk jantan bisa memakan anakan ikan guppy.

Dalam wadah persalinan indukan, anda wajib menambahkan tumbuhan air seperti eceng gondok. Hal ini bertujuan agar anak yang sudah lahir bisa bersembunyi dan tidak dimakan induk betina.

sekat indukan guppy

sekat indukan guppy

Selain itu, anda juga bisa menampahkan sekat/jaring yang bisa memisahkan induk dengan anakan yang baru lahir. Sekat bisa anda buat dari jaring atau saringan nasi.

Induk betina ikan guppy akan mengalami persalinan kurang lebih 24 jam. Setelah semua anak keluar dari perut induk, maka segera pindahkan indukan keaquarium yang berisi pejantan agar bisa bereproduksi kembali.

moina sp

Kutu Air

8. Pakan Burayak Guppy

Tahapan budidaya ikan guppy selanjutnya adalah pemberian pakan burayak guppy. Burayak guppy yang baru lahir masih memiliki cadangan makanan. Cadangan makanan ini bertahan hingga burayak usia 3 hari. Jadi anda tidak perlu memberi pakan burayak.

Setelah 3 hari, anda bisa memberi pakan burayak ikan guppy berupa artemia, kuning telur, pelet mikro, dan kutu air (Monia sp.) Kami sarankan pada anda untuk memberi pakan burayak guppy berupa artemia.

Artemia bisa anda dapatkan sengan cara menetaskan sendiri telur artemia. Artemia sangat baik bagi burayak guppy karena ukurannya yang kecil, kandungan protein tinggi, dan tahan lama dalam wadah burayak.

burayak ikan guppy

burayak ikan guppy

9. Pembesaran Burayak Guppy

Cara budidaya ikan guppy terakhir adalah pembesaran ikan guppy. Jika burayak guppy sudah berumur 1 bulan, anda bisa memindahkannya pada aquarium yang berisi aerator dan filter. Pemindahan ini sangat penting agar burayak ikan guppy cepat tumbuh besar.

Selain itu, jika burayak dipindahkan pada aquarium maka akan memudahkan anda dalam memantau pertumbuhan dan kesehatan ikan guppy.

Anda bisa memberi pakan burayak ikan guppy umur 1 bulan dengan cacing sutra, daphnia magna, dan kutu air. Budidaya ikan guppy dengan cara seperti ini akan membuat ikan guppy tumbuh cepat dan sehat.

Nah, itulah tahapan dan cara budidaya ikan guppy terbaik dan terlengkap. Bagaimana, sudah tidak bingung lagi bukan dalam budidaya ikan guppy.

Terimakasih sudah mengunjungi artikel kami ini tentang bagaiaman cara budidaya ikan guppy yang baik dan benar. Kami mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian kata.

Budidaya Ikan Guppy | oryza | 4.5
WhatsApp chat