bahasikan.com

Klik Disini Untuk Order Via WhatApps

Cara Budidaya Ikan Lele Terlengkap! Beromset Tinggi

Budidaya Ikan Lele

Budidaya Ikan Lele

Budidaya Ikan Lele – Di Indonesai sendiri sudah banyak ditemukan para pembudidaya ikan lele yang sudah sukses dan mendapatkan penghasialan yang bisa dibilang sangat tinggi. Dengan bisnis ini saja sudah bisa menghidupi kebutuhan keluarga, dan bahkan banyak para pembudidaya ikan lele sukses yang bisa membuat lapangan pekerjaan untuk banyak orang.

Ikan Lele sudah sangat familiar di telinga kita karena memang banyak sekali olahanya.  Banyak jenis olahan ikan lele disekitar kita seperti ikan lele goreng, pecel lele, lele bakar, dll. Masyarakat Indonesia menyukai ikan lele karena harganya yang murah tetapi memiliki protein yang sangat tinggi. Ini merupakan peluang yang sangat menjanjikan bagi siapa saja yang ingin memulai belajar budidaya ikan lele dirumah.

Seorang pembudidaya iken lele bisa memperoleh penghasilan sekitar 20-50 juta rupiah dalam sebulan. Budidaya ikan lele sangatlah mudah, dan banyak jenis kolam budidaya ikan lele yang bisa kita gunakan jika kita memiliki lahan sempit. Apalagi jika kita memiliki lahan berhektar-hektar, bisa dibayangkan bukan keuntungan yang akan kita dapat dari budidaya ikan lele.Berikut adalah cara budidaya ikan lele terlengkap, beromset tinggi dalam sekali panen.

Cara Budidaya Ikan Lele

Cara Budidaya Ikan Lele

Cara Budidaya Ikan Lele

1. Pemilihan Bibit Ikan Lele Berkualitas

Bagi orang yang pertama kali memulai usaha budidaya ikan lele pasti mereka akan mencari dulu jenis bibit lele mana yang cepat dalam pertumbuhan, tahan penyakit, dan memiliki harga jual tinggi. Tetapi mungkin ada juga yang lebih memilih membeli indukan ikan lele dan mengahasilkan hbibit ikan lele sendiri dari pada membeli dari pembudidaya. Banyak jenis bibit ikan lele berkualitas baik untuk budidaya. Berikut ini adalah jenis bibit ikan lele berkualitas yang super.

Bibit Ikan Lele Dumbo

Bibit Ikan Lele Dumbo

Bibit Ikan Lele Dumbo

Ikan lele yang terkenal dengan warna hitam keabu-abuan dengan bintik putih ini memeng sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Banyak para pembudidaya ikan lele memilih bibit ikan lele dumbo karena cepat pertumbuhan. Selain itu harga ikan lele per kilo dipasaran juga tinggi. Keunggulan dari bibit ini untuk budidaya ikan lele adalah tidak mudah terkena penyakit dan tahan cuaca ekstrem.

Bibit Ikan Lele Sangkuriang

Setelah datang ikan lele dumbo dari negeri seberang, para pembudidaya ikan lele kurang puas dan ingin mencari jenis ikan lele baru yang memiliki kualitas lebih baik dalam pertumbuhan. Pada tahun 2004 didapatlah bibit ikan lele sangkuriang oleh para pembudidaya ikan lele asal Sukabumi,Jawa Barat. Bibit ikan lele sangkuriang memiliki keuntungan berupa pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan ikan lele dumbo. Sekarang para pembudidaya ikan lele banyak yang mulai meninggalkan ikan lele dumbo dan lebih memilih membudidayakan  ikan lele sangkuriang.

Bibit Ikan Lele Mutiara

Ikan lele satu ini merupakan bibit ikan lele baru yang didapatkan dari persilangan ikan lele sangkuriang dan ikan lele dumbo. Bibit ikan lele mutiara berhasil dikembangkan oleh Balai Penelitian Pemuliaan Ikan (BPPI) Sukamandi, Subang, Jawa Barat. Ikan lele mutiara lebih unggul dibandingkan dengan ikan lele dumbo dan ikan lele sangkuriang karena lebih cepat dalam pertumbuhan, tahan akan penyakit dan leibih cepat panen.

Bibit Ikan Lele Lokal

Bibit Ikan Lele Lokal

Bibit Ikan Lele Lokal

Ikan lele lokal merupakan bibit ikan lele asli Indonesia. Budidaya ikan lele lokal sudah dari lama menjadi andalan para pembudidaya ikan konsumsi air tawar karena harga jualnya yang lumayan mahal. Ikan lele lokal berwarna hitam dan memilik ukuran patil yang besar. Keunggulan dari budidaya ikan lele lokal adalah memiliki harga jual mahal dan banyak dicari orang. Sedangkan kekurangannya terdapat pada pertumbuhan yang lambat.

Baca Juga : Harga Bibit Ikan Lele Terlengkap dan Terbaru

Kolam Budidaya Ikan Lele

Kolam Budidaya Ikan Lele

2. Pembuatan Kolam Budidaya Ikan Lele

Tahapan pertama adalah membuat kolam budidaya ikan lele. Ada 3 cara yang gunakan oleh para pembudidaya ikan lele, yaitu budidaya ikan lele di kolam terpal, budidaya ikan lele di kolam tembok, dan budidaya ikan lele di kolam tanah. Sedikit info saja bahwa cara dan kolam yang paling banyak digunakan oleh para pembudidaya ikan lele sukses adalah cara budidaya ikan lele di kolam terpal.

Ini karena biaya pembuatan kolam terpal tidak terlalu mahal dan menghemat lahan. Semua itu kembali kepada kalian yang ingin menbudidayakn ikan lele, mana yang paling cocok untuk lahan yang kita punya. Setiap kolam untuk budidaya ikan lele tentu memiliki keuntungan dan kekurangan. Berikut keuntungan dan kekurangan budidaya ikan lele diberbagai tempat.

Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal

Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Cara budidaya ikan lele di kolam terpal banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Keuntungan dari budidaya ikan lele di kolam terpal terdapat pada proses awal pembuatan kolam. Kolam terpal tidak membutuhkan banyak dana, cukup siapkan terpal ukuran 5×10 m, dan uang kurang lebih 200 ribu kita bisa membuat 1  koalm terpal budidaya ikan lele.

Bahan untuk membuat kolam terpal adalah bambu, terpal, dan selang. Keuntungan lainnya kita dapat dengan mudah membersihkan kolam terpal. Sedangkan kekurangan dari budidaya ikan lele di kolam terpal adalah kolam ini tidak tahan lama. Kolam terpal hanya akan bertahan sekitar 2-3 tahun. Kekurangan lainnya adalah kolam terpal mudah bocor karena terkena patil ikan lele.

Budidaya Ikan Lele Kolam Tembok

Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok

Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok

Cara budidaya ikan lele di kolam tembok menurut saya paling efisien. Keuntungan budidaya ikan lele di kolam tembok adalah bisa bertahan lama dalam berbagai macam kondisi. Kolam ikan lele tembok mampu bertahan 5-10 tahun. Selain itu satu kolam tembok dengan ukuran 5×10 meter mampu menampung lebih dari 100 bibit ikan lele.

Kekurangan budidaya ikan lele dikolam tembok adalah mahalnya biaya dalam proses pembuatan kolam. Selain itu jika kita salah dalam membuat kolam tembok maka akan mengakibatkan kolam yang kita buat menjadi retak dan akhirnaya bocor. Semua ini kembali kepada kalian, lebih memilih budidaya ikan lele di kolam tembok atau budidaya ikan lele di kolam terpal.

Budidaya Ikan Lele Kolam Tanah

Budidaya Ikan Lele di Kolam Tanah

Budidaya Ikan Lele di Kolam Tanah

Banyak keuntungan yang kita dapet dalam budidaya ikan lele di kolam tanah. Salah satunya kita bisa menghemat pakan ikan lele, ini karena kolam tanah mengandung makanan alamai ikan lele seperti cacing, dan unsur lainnya. Budidaya ikan lele di kolam tanah banyak digunakan oleh orang yang memiliki lahan kosang luas.

Kekurangan dari budidaya ikan lele di kolam tanah adalah ketika musim kemarau datang air akan cepat meresap kedalam tanah dan mengakibatkan kolam menjadi kering. Selain itu, kita tidak bisa mengontol jika ada hama pengrusak yang masuk kedalam kolam, seperti: ular, berang-berang, kucing, dll.

Benih Ikan Lele Berkualitas

Benih Ikan Lele Berkualitas

3. Jumlah Benih Ikan Lele Dalam Satu Kolam

Banyak pendapat antar para pakar budidaya ikan lele tentang jumlah bibit ikan dalam suatu kolam. Ada yang berpendapat dalam satu kolam ukuran 2×1 m bisa kita tebar 100 bibit ikan lele, dan ada juga yang berpendapat 300 bibit ikan lele.

Tetapi menurut diri saya pribadi lebih baik tidak usah terlalu banyak jumlah bibit ikan lele dam 1 kolam. Ini di karenakan bisa mengakibatkan ikan lele setres dan saling memangsa satu sama lain. Solusi yang paling aman dan banyak digunakan untuk budidaya ikan lele adalah dengan mengisi 1.000 bibit ikan lele dalam kolam 5 x 10 Meter.

Penyebaran Benih Ikan Lele

Penebaran Bibit Ikan Lele

4. Syarat Kolam dan Cara Penebaran Bibit Ikan Lele

Cara budidaya ikan lele selanjutnya adalah penebaran bibit ikan lele. Dalam penebaran bibit ikan lele diperlukan debit air  yang tidak lebih dari 40 Cm. Ini dilakukan untuk memudahkan memantau bibit ikan lele, perubahan suhu pada air dangkal lebih cepat.

Ikan lele dapat hidup pada suhu 26-32 C. Jika suhunya terlalu rendah, maka akan mengganggu proses pencernaan makanan pada ikan lele. Sebaliknya, apabila suhunya tinggi (hangat), pencernaan makanan pada ikan lele akan berlangsung cepat. Pengisian penuh air sekita 70 cm dilakukan setelah bibit ikan lele sudah sepanjang 8-10 Cm. Ikan lele dapat hidup di segala tempat, termasuk di ketinggian lebih dari 1000 mdpl. Perhatikan juga kadar Ph dalam suatu kolam, bibit ikan lele akan cepat tumbuh dan sehat pada kadar Ph 7-8.

Makanan Budidaya Ikan Lele

Makanan Budidaya Ikan Lele

5. Makanan Budidaya Ikan Lele

Cara budidaya ikan lele yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan makanan ikan lele. Untuk makanan ikan lele, kita bisa beli dipasar dan toko pakan hewan atau bisa membuatnya sendiri. Sesuaikan pakan ikan lele dengan usisanya. Carilah pelet yang memiliki kandungan protein tinggi dan pastikan tidak kadaluarsa. Saya sarankan untuk membeli pelet ikan lele sekarung dan banyak sekalian.

Ini karena ikan lele memiliki nafsu makan yang tinggi dan tidak boleh telat dalam pemberian pakan. Jangan sampai stok pelet yang kita punya habis dan membuat ikan lele kelaparan. Hal ini akan berakibat fatal karena ikan lele termasuk ikan yang kanibal. Berikan pakan lele sebanyak 4 atau 5 kali dalam sehari.

Jarak waktu untuk pemberian pakan ikan lele sekitar 3 sekali. Untuk lele indukan kita bisa berikan ayam tiren,sisa-sisa makanan,keong emas dsb. Untuk menghemat biyaya budidaya ikan lele, kiat bisa menambahkan dan meracik makanan ikan lele sendiri. Contoh makanan tambahan ikan lele adalah keong, potongan ayam tiren, potongan ikan, dan makanan sisa.

Panen Ikan Lele

Panen Ikan Lele

6. Panen Ikan Lele

Proses budidaya ikan lele yang terakhir adalah penan ikan lele. Ikan lele yang telah kita rawat dan pelihara dengan baik seperti langkah-langkah diatas akan bisa kita panen dalam jangkauan waktu 90 hari atau 3 bulan dari masa penyemaian benih. Tips penting dalam pemanene ikan lele adalah dengan tidak memberikan ikan lele pakan 1 hari sebelum pemanenan. Ini akan membuat ikan lele akan terlihat lebih sehat, memiliki ukuran tubuh sempurna dan mudah untuk disortir.

Dengan tips ini juga para pengepul akan membeli ikan lele kita dengan harga yang lebih tinggi. Untuk ikan lele jenis Sangkuriang, Dumbo, dan Mutiara bisa memiliki berat sekitar 7-8 ekor/Kg. Sedangkan untuk ikan lele lokal bisa mencapai berat 10-12 ekor/Kg. Berat ikan lele seperti ini sangatlah cocok dijual ke pengepul dan pasar-pasar. Karena ikan lele dengan ukuran seperti ini sedang enak-enaknya dikonsumsi dan tidak memiliki banyak lemak.

Baca Juga : Harga Ikan Lele Terbaru

Itulah artikel tentang cara budidaya ikan lele diberbagai tempat. Banyak tempat yang bisa kita gunakan untuk membudidayakan ikan lele dan memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin memulai budidaya ikan lele dirumah sebagi peluang usaha baru dan menambah pendapatan anda.

Pencarian Ikan Terbaru

  • lele ikan com
  • lele yg sering di budidaya orang
Cara Budidaya Ikan Lele Terlengkap! Beromset Tinggi | oryza | 4.5