bahasikan.com

Klik Disini Untuk Order Via WhatApps

Budidaya Ikan Cupang

Budidaya Ikan Cupang Hias

Budidaya Ikan Cupang Hias

Budidaya Ikan Cupang – Sudah tidak asing bukan dengan jenis ikan hias air tawar satu ini. Ikan dengan nama latin (Betta sp) merupakan ikan hias cantik dan banyak dipelihara. Ikan cupang banyak ditemukan di sekitar kawasan Asia Tenggara, seperti di negara Malaysia, Kamboja, Thailand, Brunai Darusalam, Vietnam dan negara tercinta kita Indonesai. Di indonesai sendiri ikan cupang banyak ditemukan di sekitar sungai-sungai Pulau Kalimantan dan Sumatra. Selain Ikan cupang terkenal dengan warnanya yang cantik, ikan ini juga memiliki sifat agresif yang tinggi,apalagi disaat musim kawin ikan cupang tiba.

Kecantikan ikan ini memang membuat siapa saja yang melihatnya ingin memelihara dan membudidayakannya. Tidak terlalu susah untuk membudidayakan ikan ini, karena perawatan dan makanan ikan makanan ikan cupang mudah didapatkan. Untuk makanan ikan cupang,kita bisa memberikan pelet ikan berukuran kecil, jentik-jentik nyamuk,cacing sutra,kutu air,dan serangga kecil.

Budidaya ikan cupang tidak memerlukan tempat luas. Untuk tempat budidaya ikan cupang, kita bisa menyiapkan ember, aquarium kecil,maupun ember. Untuk mengetahui lebih lanjut,silahkan simak penjelasan tentang budidaya ikan cupang hias terlengakp berikut ini.

Cara Budidaya Ikan Cupang Hias Termudah dan Terlengkap

Beda ikan cupang betina dan jantan

Beda ikan cupang betina dan jantan

1. Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Cara budidaya ikan cupang hias yang pertama adalah membedakan ikan cupang jantan dan betina. Tahapan ini sangat penting dalam budidaya ikan cupang. Cara membedakan ikan cupang betina dan pejantan sangatlah mudah, kita bisa melihat perbedaan ikan cupang jantan dan betina dari bentuk tubuh dan corak warnanya. Ikan cupang jantan memiliki ukuran sirip besar dan memiliki corak warna cantik dan cerah. Ini karena warna pada ikan cupang pejantan bertujuan untuk menarik perhatian ikan cupang betina.

Sedangkan ikan cupang betina memiliki ukuran sirip biasa dan cenderung kecil. Ciri-ciri lain dari ikan cupang betina adalah jenis ika cupang ini memiliki bentuk perut buncit. Ikan cupang betina memiliki perut buncit karena didalam perutnya terkandung sel telur yang siap dibuahi indukan ikan cupang jantan.

Pemijahan Indukan Ikan Cupang

Pemijahan Indukan Ikan Cupang

2. Cara Menjodohkan Ikan Cupang

Tahap selanjutnya dalam budidaya ikan cupang adalah tahap penjodohan. Tahapan ini adalah tahapan paling susah dan memiliki resiko tinggi. Ini dikarenakan ikan cupang adalah ikan yang teritorial dengan wilayahnya, siapapun yang datang ke wilayahnya, maka ikan cupang akan menyerang tanpa ampun. Jika ikan cupang jantan tidak cocok dengan ikan cupang betina maka ikan betina akan diserang habis-habisan begitu juga sebaliknya.

Sebelum kita menjodohkan ikan cupang dalam satu tempat, kita harus memisahkan indukan ikan cupang dangan cara menyekat aquarium dengan kaca. Ini bertujuan agar ikan cupang terlebih dahulu saling mengenal satu sama lain. Jika indukan ikan cupang tidak agresih dan tidak memegarkan insangnya, berarti tahapan budidaya ikan cupang yang selanjutnya bisa dilanjutkan, dan ikan cupang bisa kita tempatkan dalam satu aquarium.

Kita hanya bisa menjodohkan satu indukan ikan cupang jantan dengan satu indukan ikan cupang betina. Cara budidaya ikan cupang ini dilakukan karena ikan cupang terkenal dengan ikan hias yang monogami, atau hanya akan memiliki satu pasangan dalam hidupnya. Biasanya ikan cupang akan hamil dan siap bertelur sekitar 2 minggu setelah proses penjodohan.

Ikan Cupang Hamil

Ikan Cupang Hamil

3. Tanda–Tanda Ikan Cupang Akan Bertelur

Tahapan budidaya ikan cupang selanjutnya adalah melihat tanda ikan cupang hamil dan siap bertelur. Biasanya ikan cupang betina yang siap bertelur ketika ukuran perutnya semakin besar,dan warna perut ikan cupang betina semakin memudar. Tanda–tanda yang paling penting adalah banyaknya gelembung udara dipermukaan air. Ini adalah tanda kalau ikan cupang sudah siap untuk bertelur dan proses budidaya ikan cupang akan berhasil.Ikan cupang menyimpan telurnya di gelembung-gelembung tersebut. Pisahkan indukan ikan cupang ketempat lain,karena kalau tidak indukan ikan cupang akan memakan telurnya sendiri.

Ikan Cupang Anakan

Ikan Cupang Anakan

4. Cara Agar Telur Ikan Cupang Tidak Di Makan

Untuk para pembudidaya ikan cupang pemula, tentu cara ini sangat dibutuhkan. Indukan ikan cupang terkenal akan memakan telurnya ketika kita tidak memisahkan telur dengan indukannya. Cara yang paling mudah adalah kita memperhatikan gerak gerik dan gelembung air pada tempat pemijahan ikan cupang. Jika kita melihat ikan cupang yang kita pelihara selalu berdampingan dan terlihat saling mengikat seperti gambar diatas, itu karena ikan cupang betina sedang mengeluarkan telur dan ikan pejantan sedang membuahi telur dengan spermanya.

Pada saat seperti ini, kita juga bisa melihat ikan cupang betina membuat gelembung air yang berisi telur ikan cupang.Setelah pemijahan ini selesai sekitar 1-2 jam, kita bisa melihat banyak gelembung air dipermukaan. Kita langsung saja memindahkan kedua indukan ketempat lain (bukan telurnya yang dipindah). Telur ikan cupang akan menetas dengan sendirinya setelah 3 hari. Masukan anakan ikan cupang kedalam aquarium dengan disediakan gelembung udara agar telur ikan cupang tidak menempel satu sama lain.

Makanan Ikan Cupang Anakan

Makanan Ikan Cupang Anakan

5. Makanan Ikan Cupang Anakan

Pemilihan makanan sangatlah penting dalam budidayaan ikan cupang. Ikan cupang yang baru lahir memiliki cadangan makanan pada perutnya. Biasanya cadangan makanan pada ikan cupang anakan akan bertahan 4 hari. Setelah cadangan makanan ikan cupang habis,kita bisa memberi makan ikan cupang berupa kutu air dan cacing sutra.

Makanan ikan cupang anakan adalah kutu air dan cacing sutra. Berikan pakan ini disaat anakan ikan berumur 1 minggu hingga 2 bulan. Selanjutnya kita bisa memberikan pelet ikan dengan cara dihaluskan terlebih dahulu atau jentik nyamuk berukuran kecil. Sering-seringlah bersihkan tempat pembesaran ikan cupang kecil, karena ikan cupang kecil sangat mudah setres dan terjangkit penyakit jika lingkungan disekitarnya kotor.

6. Rahasia Agar Ikan Cupang Memiliki Warna Cantik

Cara budidaya ikan cupang yang terakhir adalah membuat ikan cupang hasil budidaya kita memiliki warna cantik. Rahasia tersebut adalah dengan menempatkan daun ketapang kering kedalam aquarium ikan cupang. Daun ketapang kering berguna untuk menetralkan kadar ph pada air dan membuat ikan semakin betah tinggal didalam aquarium. Selain itu daun ketapang kering juga bisa membut warna sisik ikan cupang menjadi lebih cerah dan cantik.

Cara menggunakan daun ketapang untuk obat kecantikan ikan cupang adalah dengan menjemurnya selama 2/3 hari, kalau tidak cari saja daun ketapang kering dan remas-remas terlebih dahulu. Cukup dengan menempatkan 1 daun ketapang kering dalam aquarium.Lama-kelamaan air akan berubah warna menjadi kecoklatan. Tahapan budidaya ikan cupang hias ini bisa membuat ikan cupang ketika sudah besar menjadi lebih cantik dan lebih mahal dijual.

Baca Juga : Harga Ikan Cupang

Bagaimana, tertarikah anda untuk mulai membudidayakan ikan cupang sebagai bisnis sampingan di rumah. Ini merupakan pengalaman pribadi saya dan para master budidaya ikan cupang hias yang sukses dalam menekuni bisnis ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin memulai budidaya ikan cupang hias.

Pencarian Ikan Terbaru

  • ikan cupang hias
  • apa risiko terberat dalam usaha pembenihan ikan cupang
  • tanda tanda ikan cupang hamil
  • resiko terberat dalam pembenihan ikan cupang
  • pengertian risiko pembenihan ikan cupang
  • jenis ikan koki termahal/
  • ikan hias cupang 3 warna
  • ikan cupang terbesar telur nya
  • cara mengawinkan ikan cupang koi
  • breeding ikan cupang hmdt
Budidaya Ikan Cupang | oryza | 4.5